Bagaimana Pengobatan Dan Cara Menghilangkan Tumor

Operasi

Pembedahan adalah pengangkatan tumor dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya selama operasi. Hal ini mungkin tidak serta merta menghilangkan dengan benar-benar tuntas. Ini biasanya pengobatan pertama yang digunakan untuk tumor otak dan seringkali merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan untuk tumor otak tingkat rendah. Mengangkat tumor dapat meningkatkan gejala neurologis, menyediakan jaringan untuk diagnosis, membantu membuat perawatan tumor otak lainnya lebih efektif, dan, dalam banyak kasus, meningkatkan prognosis seseorang dengan tumor otak.

Ahli bedah saraf adalah dokter yang berspesialisasi dalam pembedahan pada otak dan tulang belakang. Pembedahan ke otak membutuhkan pengangkatan sebagian tengkorak, prosedur yang disebut kraniotomi. Setelah ahli bedah mengangkat tumor, tulang pasien sendiri akan digunakan untuk menutupi lubang di tengkorak.

Ada kemajuan pesat dalam operasi untuk tumor otak, termasuk penggunaan pemetaan kortikal, pencitraan yang ditingkatkan, dan pewarna fluoresen. Pemetaan kortikal memungkinkan dokter untuk mengidentifikasi area otak yang mengontrol indera, bahasa, dan keterampilan motorik.

Perangkat pencitraan yang ditingkatkan memberi ahli bedah lebih banyak alat untuk merencanakan dan melakukan operasi. Misalnya, teknik berbasis komputer, seperti Image Guided Surgery (IGS), membantu ahli bedah memetakan lokasi tumor dengan sangat akurat. Namun, ini adalah teknik yang sangat khusus yang mungkin tidak tersedia secara luas.

Zat warna fluoresen, yang disebut asam 5 aminolevulinic, dapat diberikan melalui mulut pagi hari sebelum operasi. Pewarna ini diambil oleh sel-sel tumor. Dokter dapat menggunakan mikroskop dan cahaya khusus untuk melihat sel-sel yang telah mengambil pewarna selama operasi. Ini membantu dokter dengan aman mengangkat tumor sebanyak mungkin.

Untuk tumor yang berada di dekat pusat bicara otak, semakin umum untuk melakukan operasi ketika pasien terjaga untuk bagian dari operasi. Biasanya, pasien terbangun setelah permukaan otak terpapar. Kemudian, teknik stimulasi listrik khusus digunakan untuk menemukan bagian tertentu dari otak yang mengontrol bicara. Pendekatan ini dapat menghindari menyebabkan kerusakan saat mengangkat tumor.

Selain menghilangkan atau mengurangi ukuran tumor otak, pembedahan dapat menyediakan sampel jaringan untuk analisis biopsi, seperti yang dijelaskan dalam Diagnosis. Untuk beberapa jenis tumor, hasil analisis ini dapat membantu menentukan apakah kemoterapi atau terapi radiasi akan berguna. Untuk tumor kanker, meskipun tidak dapat disembuhkan, menghilangkannya dapat meredakan gejala dari tumor yang menekan otak.

Kadang-kadang, pembedahan tidak dapat dilakukan karena tumor terletak di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh ahli bedah, atau dekat dengan struktur vital. Tumor ini disebut tidak bisa dioperasi. Jika tumor tidak bisa dioperasi, dokter akan merekomendasikan opsi perawatan lain yang mungkin juga termasuk biopsi atau pengangkatan sebagian tumor. Sebelum operasi, bicarakan dengan tim perawatan kesehatan Anda tentang kemungkinan efek samping dari operasi spesifik yang akan Anda miliki. Pelajari lebih lanjut tentang dasar-dasar operasi.

Terapi radiasi

Terapi radiasi adalah penggunaan sinar-X berenergi tinggi atau partikel lain untuk menghancurkan sel-sel tumor. Dokter dapat menggunakan terapi radiasi untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor otak. Biasanya diberikan setelah operasi dan mungkin bersamaan dengan kemoterapi. Seorang dokter yang berspesialisasi dalam memberikan terapi radiasi untuk mengobati tumor disebut ahli onkologi radiasi. Jenis perawatan radiasi yang paling umum disebut terapi radiasi sinar eksternal, yaitu radiasi yang diberikan dari mesin di luar tubuh. Ketika perawatan radiasi diberikan menggunakan implan, itu disebut terapi radiasi internal atau brachytherapy. Regimen terapi radiasi, atau jadwal, biasanya terdiri dari sejumlah perawatan tertentu yang diberikan selama periode waktu tertentu. Terapi radiasi sinar eksternal dapat diarahkan pada tumor otak dengan cara berikut:

Terapi radiasi konvensional. Lokasi perawatan ditentukan berdasarkan landmark anatomi dan rontgen. Dalam situasi tertentu, seperti terapi radiasi seluruh otak untuk metastasis otak, teknik ini tepat. Untuk penargetan yang lebih tepat, diperlukan teknik berbeda. Jumlah radiasi yang diberikan tergantung pada tingkat tumor.

Terapi radiasi konformal 3 dimensi (3D-CRT). Menggunakan gambar dari CT dan MRI scan (lihat Diagnosis), model 3 dimensi dari tumor dan jaringan sehat di sekitar tumor dibuat di komputer. Model ini dapat digunakan untuk mengarahkan sinar radiasi langsung ke tumor, menyelamatkan jaringan sehat dari terapi radiasi dosis tinggi.

Terapi radiasi modulasi intensitas (IMRT). IMRT adalah jenis 3D-CRT (lihat di atas) yang dapat lebih langsung menargetkan tumor. Ini dapat memberikan dosis radiasi yang lebih tinggi ke tumor sambil memberikan lebih sedikit ke jaringan sehat di sekitarnya. Di IMRT, sinar radiasi dipecah menjadi balok yang lebih kecil dan intensitas masing-masing balok yang lebih kecil ini dapat diubah. Ini berarti bahwa balok yang lebih intens, atau balok yang memberikan lebih banyak radiasi, dapat diarahkan hanya pada tumor.

Sumber
https://www.medicalnewstoday.com
https://www.ucsfhealth.org
https://www.cancer.net
sumber gambar
https://hellosehat.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*